ISTIGHOTSAH DAN SANTUNAN DHUAFAH DALAM RANGKA HAB KEMENAG RI KE 72 DI KANKEMENAG GRESIK

Suasana baru nampak berbeda pada jumat pagi tgl 29 Desember 2017 dihalaman Kantor Kemenag Gresik.  Ratusan ASN dg nuansa seragam serba Putih memenuhi halaman Kantor di jln Jaksa Agung suprapto tsb. Acara Istighotsah dan santunan dhuafah ini dilaksanakan di Kantor Kemenag Gresik dalam rangka Hari Amal Bhakti Kemenag Ke 72.
.Dalam sambutannya Kepala Kantor kemenag Gresik menyampaikan beberapa pesan pada para Peserta yg terdiri dari seluruh ASN ini. ."Kemenag lahir bersama lahirnya NKRI yaitu setelah Kemerdekaan Negara RI yakni tepatnya pada 3 Januari 1946,  berdiri di Indonesia dg menterinya yg pertama Bapak M. Rosyidi .
Kita tdk sekedar memperingati tetapi mengisi dan memenuhi visi dan misi beliau. Kita berdoa agar bisa melaksanakan tusi dan tupoksi sbg qodimul Ummah. Bisa sayek saekoproyo bisa amanah dan excelen, tidak menemui masalah hingga khusnul kotimah dlm mengemban jabatan"
Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Wabub Gresik bapak
Drs.  MOH. QOSIM M. Si
Beliau yang selaku Wakil Bupati Gresik memberikan arahan.
Beliau senantiasa mengajak berdzikir pada Allah.
Ada beberapa pesan yg beliau sampaikan bahwa " Langkah yg  dilakukan oleh Kepala Kantor dg menyelenggarakan kegiatan Istghotsah ini sangat tepat.
Sangat pantas jika kemenag menyelenggarakan kegiatan ini karena kegiatan yg sifatnya keagamaan. Jangan sampai kalah dengan instansi umum lainnya.
Sebagaimana ciri khas beliau yg tidak meninggalkan berdendang dengan lantunan Sholawat.Meski melalui  syair lagu-lagu, beliau memberikan  pesan agar kita rukun, bersatu, bekerja keras dengan penuh semangat. Ratusan  ASN yang hadirpun larut dalam berdendang .
Beliau mengapresiasi beberapa kegiatan di Kemenag Gresik yang berjalan baik mulai dari pelaksanaan haji,wakaf yang tdk ada masalah.
Beberapa prestasi juga telah diraih. Diantara prestasi yakni MTQ tiga kali berturut turut juara umum,
Qiroatul qutub juara jatim sampai mengantar ke tingkat nasional. Tahfidjuga juara Nasional. Peneltian karya tulis Ilmiyah dari MTs. NU juara Nasional.  Porsadin juga juaranya dari Kemenag Gresik.
Beliau mengapresiasi
ASN Kemenag,  Menurut beliau Kemenag Gresik paling dibanggakan oleh Alloh dan Rosululloh. Karena mengurusi hal Fundamental yakni masalah Agama.
Ketika Allah menghendaki kesuksesan seseorang adalah masalah agama.
Bekal apa yg dibutuhkan manusia selama di dunia dan akhirat. ???
Yang utama adalah Taqwalloh sehingga dengan Taqwalloh,  maka materi umum yang lain akan mengikuti.
Disisi lain sebagai orang Kemenag, kita tidak usah terlalu memikirkan masalah yang materiailis. Dengan kerja ikhlas maka Allah yang akan memikirkan dan mencukupi kita.
Namun dari data banyaknya umat Islam yang terjerat korupsi maupun prilaku buruk.
Mestinya konsepnya adalah Agama sebagai petunjuk sbg pedoman bagi kita lebih-lebih dikalangan Kementerian Agama. Andaikan agama betul jadi pedoman ketika kita jadi pejabat maka tidak menggunakan sebagai kesempatan untuk memperkaya diri sendiri.
Beliau menguti buku Rasyid Ridho, mengapa umat islam terbelakang sementara yg lain lebih baik. Mengapa di Mesir, iran,irak,palestina semua konflik dari dan oleh umat Islam sendiri. Padahal dlm Islam diajarkan ttg berpegang teguhlah pada agama Allah jangan bercerai berai. Contoh di Andalusia bisa dikuasai Islam karena persatuan tetapi hancurnya karena perpecahan dari umat Islam sendiri. Kholid bin walid bisa menguasai binzantium karena di binzantium  terjadi kasta-kasta. Dari segi tingkat pendidikan Kita berada diurutan ke
109 kalah dibawah Malaysia,Thailand. Kita habis tenaganya hanya untuk perpecahan.
Harapan beliau, dimulai dari kemenag ini bisa merubah kebodohan. Masalah Al Faqir adalah dampak yg mempengaruhi kehidupan beragama.
Janganlah bertanya ttg hak tetapi apa yg bisa saya perbuat. Siapapun yang bisa melaksanakan kewajiban maka akan dicukupi Alloh. Jadilah kita orang yang tidak mudah marah ketika di dholimi maka sebaliknya kita bisa berbuat baik. Santun dan sopan terhadap pimpinan bisa dijalin dg baik maka kehidupan bisa berjalan harmonis. Dari Kantor kemenag semuanya bisa dimulai. sebelum meninggalkan acara, bapak wabub  menyempatkan diri untuk menyerahkan santunan pada para dhuafak.
Puncak acara diakhiri  dg pembacaan doa bersama Istighotsah yang dipimpin oleh Kiyai Khusnan Ali dari PCNU Gresik.
Disanping ada pentasyarufan bantuan untuk dhuafa'di aula juga ada kegiatan Khitanan masal yg di Spobsori oleh Bank Syariah Mandiri. Tampak antrian anak anak yg didamlingi oleh orantuanya menunggu panggilan. Sementara di dalam aula luluhan anak sedang menjalani khitan oleh tim medis yang sudah disiapkan panitia. Meski sesekali meringis kesakitan nampak keceriahan di raut wajah mereka tatkalah mendapatkan bingkisan berupa satu tas yg berisi berbagai jenis cindera mata.
Khusus bapak bapak yang mau khitan ada bonus 500 ribu / orang celetuk seorang pengawas.
[10:00, 29/12/2017] +62 851-0624-3000: 143 tentang tupoksi pengawas. Tiap Minggu Harus ada laporan Mingguan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERJUANGKAN PPPK DI MADRASAH SWASTA & INPASING ,UPAYA KEMENAG SEJAHTERAKAN GURU

TAHAPAN AKREDITASI PAUD ,RA,TK

MAKNA LAMBANG / LOGO KEMENTERIAN AGAMA RI