TINGKATKAN KOMPETENSI GURU, KKKMI KEDAMEAN SELENGGARAKAN SEMINAR  *GERAKAN LITERASI SEKOLAH

         Liburan semester atau liburan sekolah  sering dikonotasikan   sebagai hari libur buat peserta didik dan termasuk juga para gurunya. Meski kalender pendidikan menunjukkan hari libur sekolah , namun bagi Guru Madrasah  Ibtidaiyah di Kecamatan Kedamean tidak ada istilah hari libur sekolah yang ada adalah istilah hari libur hari untuk meningkatkan kompetensi . Pada liburan semester inilah waktu yang longgar untuk mengupgrade kompetensi yang dimiliki oleh para guru. Pada hari kamis tanggal 21 Desember 2018 bertempat di MIN 1 Kedamean Gresik dilaksanakan serangkaian seminar yang diselenggaran oleh Pengawas madrasah ,KKKMI  kecamatan kedamean bekerja sama dengan EDC STAI AL AZHAR Menganti Gresik.
Acara yang digelar mulai pukul 08.00 di aula MIN 1 Kedamean diikuti oleh seluruh  anggota KKG/ MGMP sebanyak 100 guru mulai dari kelas satu sampai kelas 6.
Kegiatan yang diperuntukkan bagi seluruh Guru  Madrasah ibtidaiyah ini mengambil tema “ Peningkatan kompetensi peserta Didik melalui Gerakan Literasi Sekolah “ .
Dalam kesempatan itu juga pengawas menyampaikan materi “ Akreditasi bermutu untuk Pendidikan bermutu”.
Pengawas madrasah menyampaikan  informasi dari BAP SM bahwa tahun 2018 Sekolah/ madrasah di Jawa timur akan mendapatkan kuota sebanyak 9.800 lembaga,dengan kuota yang sebanyak itu dipastikan lembaga yang mengajukan akan mendapatkan kuota Akreditasi. Disamping itu disampaikan pula bahwa sitem akreditasi ada yang berbeda baik standar penilaiannya maupun proses pendaftaran,pelaksanaan,dan peniliannya yang melalui sispena. Pada seminar ini  lembaga  dibekali dengan wawasan dan strategi sukses terkait dengan persiapan pendaftaran melaui sispena ,persiapan saat visitasi  bukti fisik yang berupa dokumen maupun sarprasnya. Pada acara tersebut pengawas menggandeng PTAIS kerjasama untuk meningkatkan kualitas madrasah melalui MOU dg masing-masing Kepala Madrasah.
Pada kesempatan materi yg kedua yakni  Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik melalui *Gerakan Literasi Sekolah
Dua materi yang sangat penting bagi Madrasah ibtidaiyan untuk menumbuh kembangkan budi pekerti melalui  ekosistem  literasi sekolah yang diwujudkan dg gerakan literasi sekolah agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Melalui seminar ini, diharapkan para guru memotivasi peserta didik  menumbuhkan budaya melek membaca,melihat,menyimak menulis dan berbicara.
Acara yang diakhiri dengan pembagian door prize berupa paket buku panduan Literasi bagi guru yang datang lebih awal. Disamping itu Kepala Madrasah juga menerima penyeraham paket buku ttg PMA 58 tahun 2017 ttg Kepala Madrasah dan Permendikbud no. 75 tahun 2016 ttg Komite Sekolah .Untuk pengurus KKG/ MGMP di berikan *buku Panduan Pengembabgan KKG/ MGMP*4





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERJUANGKAN PPPK DI MADRASAH SWASTA & INPASING ,UPAYA KEMENAG SEJAHTERAKAN GURU

TAHAPAN AKREDITASI PAUD ,RA,TK

MAKNA LAMBANG / LOGO KEMENTERIAN AGAMA RI