"RAT KPRI MAKMUR " ERAT DALAM KEKELUARGAAN, MENUJU KPRI MAKMUR JAYA

RIUH DALAM RAT, ERAT DALAM KEKELUARGAAN, MENUJU KPRI MAKMUR JAYA

( Mimbar pengawas, ringkasan kegiatan RAT) 
Membangun mitra dengan penuh kekeluargaan dan semangat terbarukan itulah kiranya momen dari KPRI Makmur dalam melaksanakan RAT Tahun ini. Koperasi yang beranggotakan 584 ASN dilingkungan Kemenag Gresik dalam melaksanakan RAT tahun ini tidak seperti biasanya.  Rapat akhir Tahun yang biasanya dilaksanakan di aula kemenag, untuk tahun dilaksanakan di HOTEL Archa Trawas jalan Arca Ds. Kemloko Trawas yang sejuk nan asri. Acara yang dihelat pada hari jumat sabtu tanggal 16-17 Pebruari 2018   dengan memboyong peserta Rapat sebanyak 4 mobil bis kedaerah jalanya menanjak dipegunungan trawas
Harapan diadakan lagi momen seperti ini muncul  dari berbagai anggota bahkan para tamu undangan memberikan apresiasi kegiatan RAT yang pertama kali diadakan  diluar kantor bahkan di hotel  yang besar ini
Pelaksanaan pembukaan RAT
Tepat pukul 13.30  acara pembukaan dimulai dengan Rangkaian acara RAT tahun buku 2017 dipandu oleh bu  Minhatul maula,selaku sekretaris koperasi. Agar tumbuh jiwa nasionalisme dan cinta tanah air dinyanyikan lagu Indonesia  Raya yang dipandu dirigen salah satu guru dari Min 1 Kedamean Gresik. Mengawali acara Sambutan oleh ketua KPRI Makmur bajak 
H. Hudaibi beliau merasa nerves kalau kegiatan dilaksanakan di hotel arca ini dan merupakan yg pertama kali. Tahun ini jumlah anggota  584 orang .Ada berbagai kegiatan yg direncanakan antaralain dalam pengembangan permodalan berupaya untuk melakukan berbagai usaha supaya ada peningkatan SHU.
Adapun aset koperasi saat ini mencapai Rp. 18.340.515.905.-.
Ada beberapa masukan dari bapak Drs. Moh Sahlan SH, MM selaku dinas koperasi. Himbauan beliau dalam setiap RAT harus mengundang Dinas Koperasi supaya tidak kena sanksi dari Dinas Koperasi. Dalam melaksanakan kegiatan mengacu pada uu no 25 tahun 1992 ttg perkoperasan
Sambutan dan pembukaan acara RAT oleh bapak Supandi selaku penasehat KPRI Makmur. Koperasi sebuah lembaga solusi memenuhi kebutuhan primer, sekunder.
Koperasi dalam dunia islam sebuah save sehingga bank syariah berkembang luar bisa yg merupakan implementasi dari ajaran islam.
Kita mencotoh bagaimana Rosululloh sbg enterpreneurship yg handal dan disuport istri yg kaya raya
Yang cenderung kita dengar adalah rosululloh miskin tidak kaya. Manamungkin orang yg miskin bisa memberikan banyak kemaslahatan umat. Banyak sahabat yg kaya termasuk usman, dengan kekayaannya mau membeli sumur orang yahudi yg digunakan untuk para sahabat. Tentunya jiwa  enterpreneurship usman yang mampu mengelolah sumur tsb sehingga umat islam tdk membeli pada orang kafir yang pada akhirnya orang yahudi tsb menjual semuanya pada usman. 
Selaku Penasehat bapak Supandi mengajak para pengurus khususnya penjaga toko untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal, baik pada penyajian dagangan dan kebersihan toko. Beliau merasa belum puas dengan laba 180 juta masih dianggap kurang karena punya pelanggan tetap yakni para ASN Kemenag. . KPRI Harus meningkatkan hasil usaha dg melibatkan semua anggota selaku pelanggan tetap. Anggota harus Punya kepedulian. Koperasi harus bisa menempati tanah aset sendiri dg melibatkan anggota bukan aset kemenag. 
Beliau berharap agar aset yg ada disekitar alun alun bisa digunakan untuk toko koperasi.  "Jika disewakan dg harga sewa 26 juta beliau berani 30 juta pertahun meski tidak punya uang" ujar beliau. Untuk memberikan motivasi beliau mengutip ayat
 "ikmal lidunnya kaanaka taisu abadan wamal akhirotika kaanaka tamutu ghodan" Kita diharapkan berusaha untuk urusan dunia seolah hidup ini abadi dan urusan akhirat seakan kematian kita dekat. 
Beliau memberikan contoh tentang beberapa usaha yang mungkin bisa dikelolah dengan memberikan gambarab usaha tepung. Tepung yang asalnya dari singkong. Yang mampu mengelolah dg kecerdasannya adalah orang diluar kita. Yang menanam saudara kita yg mengelolah orang lain. 
Terkait enterpreneurship, bagaimana potensi umat kita kelola dg maksimal. " Contoh ponpes AZ Zaitun bisa memberikan makan dari bahan makanan yg ditanam sendiri, baju dari hasil usaha sendiri.
 Itu langkah-langkah cerdas untuk peningkatan omzet, dan hasil usaha" tutur beliau.
Tahap Pemilihan Pengawas

Dalam RAT tahun ini ada yang sangat berkesan yakni tahap penentuan pengganti pengawas. Karena ada perbedaan pendapat dari anggota sempat tejadi  deadlock terkait pemilihan pengawas yang menggantikan  bapak Moh. Sholeh yang sudah habis masa bhaktinya. Dari unsur pimpinan menghendaki langsung di putuskan sesuai arahan  didalam sambutannya bapak kepala kantor. Setelah melalui diskusi panjang terjadi kesepakatan anggota dg adanya pemilihan lagi. 
Pada akhirnya keputusan dalam penggantian pengawas koperasi ditentukan dengan mekanisme pemilihan langsung. Adapun calon yang diusulkan bertarung dalam Pemilihan Pengawas yakni satu bapak Ainur Ropik staf di Kemenag dg perolehan 58 suara kedua bapak Shoim yang menjabat pengawas  Madrasah dg perolehan 52 suara dan yang ketiga Mushofan dari M.Tsn Benjeng mendapatkan 15 suara. Pada akhirnya Bapak Ainur ropik secara resmi dilantik sebagai Pengawas Koperasi dg masa bhakti 2018 -2022 oleh pengurus PKPRI bapak Kusnadi SE, MM.
Pada sesi terakhir kegiatan Rapat kerja yang di sepakati dg adanya masukan bagi program koperasi untuk menuju yang lebih baik. 
Usai acara para peserta dihibur dg elekton sambil bakar jagung. Dan esok harinya ada kegiatan senam dan jalan sehat.
Selamat DAN SUKSES RAT Tahun buku 2017 dan Rapat Program Kerja Tiga Tahunan 2018-2020 *KPRI MAKMUR
semoga tahun depan bisa bertambah maju.

RAT, ERAT DALAM KEKELUARGAAN, MENUJU KPRI MAKMUR JAYA









Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERJUANGKAN PPPK DI MADRASAH SWASTA & INPASING ,UPAYA KEMENAG SEJAHTERAKAN GURU

TAHAPAN AKREDITASI PAUD ,RA,TK

MAKNA LAMBANG / LOGO KEMENTERIAN AGAMA RI