KEMENAG GRESIK INGIN WUJUDKAN IMPIAN BERDIRINYA MADRASAH ALIYAH NEGERI ( INTERNATIONAL BOARDING SCHOOL ) DAN GERAKAN NGAJI KITAB KUNING DI MADRASAH

 



Di sela-sela pembinaan kepada kepala madrasah dan bendahara madrasah Mi'M.Ts, MA  yang juga dihadiri para pengawas  Kepala Kantor Kementerian Agama menyampaikan impian Kementerian Agama Kabupaten Gresik ke depan.

Acara yang digelar di MAN 2 Gresik pada Rabu pagi tanggal 9 September 2020 itu dihadiri seluruh utusan kepala  Madrasah dan Bendahara wilayah kecamatan Benjeng dan Balongpang. Aara tersebut  juga bagian dari Monev LPJ  Bos Madrasah.

Kepala Kantor Kemenag Gresik menyampaikan kepada seluruh peserta  bahwa kemenag punya rencana yang besar untuk mewujudkan  Gresik sebagai kota santri.

Yang pertama adalah program baca kitab di seluruh Madrasah mulai dari Mi ,MTS, MA .Gerakan baca kitab kuning dilandasi dari Gresik sebagai Kota Santri yang harus menunjukkan identitasnya

Sebagai Kota Santri' Gresik harus bisa menunjukkan jati dirinya dengan ciri khasnya dengan kajian-kajian kitab kuning. Hal ini juga dilandasi atas keprihatin beliau di era globalisasi dan serba  IT dimana banyak para pelajar para pemuda yang belajar kitab kuning yang  tidak bersumber pada guru atau kiyai tetapi pada mbah Google .Tentunya keabsahan dan kesahihan dari kitab-kitab yang di mbah google  masih diragukan kesahihannya. 

Melihat keprihatinan yang seperti itu beliau ingin mewujudkan Gresik sebagai Kota Santri dengan bercirikan kajian kitab sehingga beliau ingin di seluruh madrasah ada gerakan membaca kitab kuning

 Program Besar kemenag Gresik yang ke dua adalah dibukanya MAN baru yang berbasis Bilingual atau Internasional Boarding School di kota Gresik yang merupakan perwujudan dari Man 3 Gresik. 

Keberadaan tanah sudah disepakati oleh Pemda yang akan terletak di sebelah barat Terminal Bunder atau tepatnya di sisi Utara gapura selamat datang di kota Gresik. Madrasah Aliyah Negeri  3 ini memiliki ciri khas kekhususan  karena akan terintegrasi dengan Mahad semacam pesantren. 

Oleh karena itu untuk seleksi peserta didik dan calon  guru dengan melakukan perekrutan secara selektif karena programnya yang khusus harus ditangani secara spesifik. Dari sisi murid beliau juga berharap bisa menggaet putra pejabat masuk ke MAN 3 Gresik Itulah impian beliau yang disampaikan kepada dalam pembinaan kepala madrasah dan bendahara madrasah wilayah kecamatan Benjeng dan Balongpanggang. Beliau berharap semua komponen turut serta mendukung gebrakan dan gerakan beliau untuk mewujudkan Madrasah hebat Madrasah bermartabat.

( Nhudah 09092020 )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERJUANGKAN PPPK DI MADRASAH SWASTA & INPASING ,UPAYA KEMENAG SEJAHTERAKAN GURU

TAHAPAN AKREDITASI PAUD ,RA,TK

MAKNA LAMBANG / LOGO KEMENTERIAN AGAMA RI