KEMENAG GRESIK WUJUDKAN IMPIAN BERDIRINYA MADRASAH ALIYAH NEGERI INTERNATIONAL BOARDING SCHOOL DAN GERAKAN NGAJI KITAB KUNING DI MADRASAH

 



Hari rabu tanggal 9 september 2020 adalah hari yang tidak biasa di MAN 2 Gresik.

Pada hari itu dilaksanakan pembinaan.oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Gresik.

Di sela-sela pembinaan kepada kepala madrasah dan bendahara madrasah Mi, M.Ts, MA  yang juga dihadiri para pengawas Madrasah,  Kepala Kantor Kementerian Agama menyampaikan impian Kementerian Agama Kabupaten Gresik ke depan.

Acara yang digelar di MAN 2 Gresik pada Rabu pagi tanggal 9 September 2020 itu dihadiri seluruh utusan kepala  Madrasah dan Bendahara wilayah kecamatan Benjeng dan Balongpanggang. Acara tersebut  juga bagian dari Monev LPJ  Bos Madrasah.

Pak Markus selaku Kepala Kantor Kemenag Gresik menyampaikan kepada seluruh peserta  bahwa kemenag punya rencana yang besar untuk mewujudkan  Gresik jati diri Gresik sebagai kota santri.

Program yang pertama adalah program baca kitab kuning di seluruh Madrasah mulai dari Mi ,MTS, MA. Gerakan baca kitab kuning dilandasi dari Gresik sebagai Kota Santri yang harus menunjukkan identitasnya.

Sebagai Kota Santri , Gresik harus bisa menunjukkan jati dirinya dengan ciri khasnya dengan kajian-kajian kitab kuning. Hal ini juga dilandasi atas keprihatin beliau di era globalisasi dan serba  IT dimana banyak para pelajar dan para pemuda yang belajar kitab kuning yang  tidak bersumber pada guru atau kiyai tetapi pada mbah Google. Tentunya keabsahan dan kesahihan dari kitab-kitab yang dipelajari dari mbah google  masih diragukan kesahihannya. 

Melihat keprihatinan yang seperti itu beliau ingin mewujudkan Gresik sebagai Kota Santri dengan bercirikan kajian kitab Kuning sehingga beliau ingin di seluruh madrasah ada gerakan membaca kitab kuning. Harapan beliau seluruh madrasah mulai dari MI, M.Ts.MA mendukung program besar tersebut. 

Adapun Program Kemenag Gresik yang ke dua adalah dibukanya Madrasah Aliyah Negeri baru yang berbasis Bilingual atau Internasional Boarding School di kota Gresik yang merupakan perwujudan dari Man 3 Gresik. 

Kesiapan rencana tersebut sudah final. Keberadaan tanah sudah disepakati oleh Pemda dan sertifikatnya akan diterimakan pada dirjen Pendis.

Rencana letaknya lokai MAN sangat strategis yakni terletak di sebelah barat Terminal Bunder atau tepatnya di sisi Utara gapura selamat datang di kota Gresik. Madrasah Aliyah Negeri  3 ini memiliki ciri khas kekhususan  karena akan terintegrasi dengan Ma'had semacam Sekolah berbasis pesantren. 

Oleh karena itu untuk seleksi peserta didik dan calon  guru dengan melakukan perekrutan secara selektif karena programnya yang khusus harus ditangani secara spesifik. Dari sisi murid beliau juga berharap bisa menjadi pilihan  calon siswa dari putra pejabat masuk ke MAN 3 Gresik. Itulah impian beliau yang disampaikan kepada dalam pembinaan kepala madrasah dan bendahara madrasah wilayah kecamatan Benjeng dan Balongpanggang. Beliau berharap semua komponen turut serta mendukung gebrakan dan gerakan beliau untuk mewujudkan Madrasah hebat Madrasah bermartabat.

( Nhudah 09092020 )




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERJUANGKAN PPPK DI MADRASAH SWASTA & INPASING ,UPAYA KEMENAG SEJAHTERAKAN GURU

TAHAPAN AKREDITASI PAUD ,RA,TK

MAKNA LAMBANG / LOGO KEMENTERIAN AGAMA RI